1.PENDAHULUAN
Oil spill adalah perilisan sebuah cairan minyak hidrokarbon ke dalam lingkungan akibat kegiatan manusia, dan merupakan bentuk polusi. sebagian besar tumpahan minyak terbesar di dunia masuk ke dalam tiga kategori yang berbeda: 1) peperangan; 2) kecelakaan dalam pengeboran sumur minyak, dan 3) kecelakaan kapal tanker. Kecelakaan kapal tanker terbanyak menumpahkan minyaknya sehingga menjadikan peringkat satu dari 3 kategori tersebut dan sering para pelaku akhirnya bertanggung jawab akibat dari kecelakaan tersebut. Sejak beberapa tahun silam banyak terjadi kasus oil spill diantaranya adalah
1. Tumpahan Minyak akibat Perang Teluk (1991 – Kuwait), Selama Perang Teluk, pasukan Irak menyerbu Kuwait. Ketika mereka diusir oleh pasukan koalisi mereka membuka katup pipa di terminal minyak dan menumpahkan minyak ke tanah. Mereka juga menumpahkan muatan kapal tanker ke Teluk Persia. Selama mereka melakukan perbuatanya, mereka membakar banyak di sumur dan pipa terminal. Tidak mungkin untuk menentukan total volume minyak yang tumpah tapi diperkirakan sekitar 11.000.000 barel (perkiraan dari Wikipedia).
2. Semburan minyak Lakeview (1910-1911 – California, USA), Semburan minyak Lakeview adalah kecelakaan minyak dari sumur yang menumpahkan minyak diperkirakan 9.000.000 barel (perkiraan dari Wikipedia) minyak di Kern County, California. Mengirimkan sumur minyak lebih cepat dari kru mampu rute ke tangki penyimpanan. Tekanan yang kuat menyebabkan minyak meletus seperti sebuah geyser, minyak ditumpahkan ke tanah selama lebih dari satu tahun sampai berhenti secara alami.
3. Horizon Deepwater (2010 – Teluk Meksiko), Tumpahan minyak Horizon Deepwater berlangsung di Teluk Meksiko. Itu dimulai pada tanggal 20 April 2010 ketika sebuah ledakan menghancurkan Horizon rig pengeboran Deepwater, menyebabkan aliran bertekanan minyak di dekat kepala sumur di Teluk Meksiko di lantai lebih dari 5.000 meter air. Berbagai upaya untuk menghentikan kebocoran di lingkungan yang sulit telah hanya sebagian berhasil. Ada harapan bahwa sumur yang dibor dekat bantuan bisa masuk ke lubang sumur dan pompa cukup konkret untuk menghentikan kebocoran. Sumur bantuan tidak diharapkan untuk memotong yang rusak baik sampai Agustus, 2010. Jumlah minyak yang hilang tidak diketahui karena perkiraan yang akurat tidak dapat dibuat dari pengamatan video dasar laut. Estimasi tinggi dari Laju Alir ditunjuk-pemerintah Kelompok Teknis yang dikeluarkan pada 15 Juni 2010 adalah sekitar 60.000 barel per hari. Perkiraan minyak tumpah sebelum bulan Juni 23nd sekitar 3.780.000 barel didasarkan pada laju sekitar 60.000 barel per hari.
4. Ixtoc (1979 – Teluk Meksiko), Ixtoc adalah pengeksploitasi yang dikerjakan oleh Pemex, perusahaan minyak milik pemerintah Meksiko, di Teluk Campeche, Teluk Meksiko. Terletak sekitar 60 mil barat laut dari Ciudad del Carmen dalam air sekitar 160 meter. tumpahan itu dipicu ketika rig pengeboran hilang sirkulasi lumpur dan penurunan tekanan pada reservoir memicu sebuah ledakan. Minyak terbakar dan rig runtuh ke laut. Jumlah minyak yang tumpah diperkirakan adalah 3.333.333 barel (perkiraan dari Wikipedia).
5. Atlantik Empress (1979 – Hindia Barat), Atlantik Empress adalah kapal tanker Yunani yang bertabrakan dengan kapal lain di lepas pantai Trinidad dan Tobago pada tanggal 19 Juli 1979. Perkiraan 2.123.800 barel minyak yang ditumpahkan (perkiraan dari Wikipedia).
6. Mingbulak (1992 – Uzbekistan), Tumpahan minyak Mingbulak terjadi pada tanggal 2 Maret 1992 di ladang minyak Mingbulak di Lembah Fergana Uzbekistan. Tumpahan ini disebabkan oleh ledakan yang terbakar dan dibakar selama dua bulan. Kira-kira 2.000.000 barrel minyak yang terkandung di balik sebuah bendungan darurat (perkiraan dari Wikipedia).
7. Abt Summer (1991 – Samudra Atlantik), Abt Summer adalah kapal tanker yang rusak parah oleh ledakan pada 28 Mei 1991 di lepas pantai Angola. Kapal ini membawa kargo dari sekitar 1.924.000 barel minyak mentah (perkiraan dari Wikipedia), kapal akhirnya tenggelam di lautan Atlantik.
8. Castillio de Bellver (1983 – Samudra Atlantik), The Castillio de Bellver mengalami kerusakan karena kebakaran pada 6 Agustus 1983 di lepas pantai Afrika Selatan dengan sekitar 1.864.800 barrel minyak di papan (perkiraan dari Wikipedia). Tanker yang akhirnya kandas dan patah dua. Buritan hanyut dari pantai dan tenggelam di Atlantik.
9. Amoco Cadiz (1978 – Samudra Atlantik), The Amoco Cadiz adalah pembawa minyak mentah yang sangat besar yang diterjang oleh suatu badai ekstrim dan terdampar di pantai Brittany, Perancis pada tanggal 16 Maret 1978. Kapal ini memiliki sekitar 1.619.048 barel minyak onboard (perkiraan dari Wikipedia). Sebuah rip dalam lambung dari landasan yang mulai tumpah. Kapal patah dan menumpahkan minyaknya selama beberapa hari.
10. MT Haven (1991 – Mediterania), The Haven MT adalah pengangkut minyak mentah dalam ukuran yang sangat besar yang terbakar dan tenggelam di Laut Mediterania lepas pantai Italia pada tanggal 11 April 1991. Tercatat 1.065.600 barel minyak mentah yang ditumpahkannya (perkiraan dari Wikipedia).
11. Odyssey (1988 – Off Nova Scotia, Kanada), Odyssey adalah kapal tanker minyak yang tenggelam di lepas pantai Nova Scotia, Kanada pada tanggal 10 Nopember 1988. Saat itu, kapal terperangkap dalam badai Atlantik Utara dan dipecah oleh pada papan ledakan. Dan tercatat menumpahkan 1.023.809 barel minyak mentah (perkiraan dari Wikipedia).
Dalam uraian diatas disebutkan bahwa kategori tumpahan minyak terbesar yang kedua adalah kecelakaan dalam pengeboran sumur minyak, dalam hal ini bisa diambil contoh adalah Horizon Deepwater (2010 – Teluk Meksiko), maka dalam makalah ini saya membahas Resume dan Analisa Kasus Terjadinya Oil Spill pada Horizon Deepwater (2010 – Teluk Meksiko)
2. DASAR TEORI
1. Pengertian Oil Spill
Tumpahan minyak atau oil spill adalah perilisan sebuah cairan minyak hidrokarbon ke dalam lingkungan akibat kegiatan manusia, dan merupakan bentuk polusi . Istilah ini sering merujuk kepada laut tumpahan minyak, di mana minyak dilepaskan ke laut atau perairan pesisir . tumpahan minyak termasuk siaran dari minyak mentah dari tanker , platform lepas pantai , rig pengeboran dan sumur , serta tumpahan produk minyak olahan (seperti bensin , solar ) dan oleh mereka-produk, dan bahan bakar lebih berat digunakan oleh besar kapal seperti bahan bakar bunker , atau tumpahan dari setiap zat putih berminyak menolak atau limbah minyak Tumpahan mungkin waktu berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun untuk membersihkan. Minyak juga memasuki lingkungan laut dari alam rembesan minyak . perhatian Publik dan peraturan telah cenderung fokus paling tajam pada kapal tanker minyak.
Pembersihan dan pemulihan dari tumpahan minyak sulit dan tergantung pada banyak faktor, termasuk jenis minyak yang tumpah, suhu air (penguapan mempengaruhi dan biodegradasi), dan jenis garis pantai dan pantai terlibat.
2. Metode Untuk Membersihkan
Metode untuk membersihkan oil spill adalah sebagai berikut:
2. Bioremediasi Accelerator: Oleophilic, kimia hidrofobik, tidak mengandung bakteri, yang secara kimia dan fisik obligasi baik hidrokarbon larut dan tidak larut. Akselerator bioremedation bertindak sebagai agen menggiring dalam air dan di permukaan, molekul mengambang ke permukaan air, termasuk terlarut seperti fenol dan BTEX, aglomerasi membentuk seperti gel. Tingkat tidak terdeteksi dari hidrokarbon dapat diperoleh di air dan kolom air dikelola. Dengan overspraying kemilau dengan accelerator bioremediasi, kemilau dihilangkan dalam hitungan menit. Apakah diterapkan di darat atau di air, emulsi kaya nutrisi menciptakan mekar dari lokal, adat, pra-ada, bakteri memakan hidrokarbon. Mereka bakteri khusus memecah hidrokarbon ke dalam air dan karbon dioksida, dengan EPA tes menunjukkan 98% dari alkana dibiodegradasi dalam 28 hari, dan aromatik yang dibiodegradasi 200 kali lebih cepat daripada di alam mereka juga kadang-kadang menggunakan hydrofireboom untuk membersihkan minyak oleh mengambil jauh dari sebagian besar minyak dan terbakar itu.
· Pengendalian pembakaran efektif dapat mengurangi jumlah minyak dalam air, jika dilakukan dengan benar. Tapi ini hanya bisa dilakukan di angin rendah] dan dapat menyebabkan polusi udara .
· Dispersan bertindak sebagai deterjen , clustering sekitar tetesan minyak dan memungkinkan mereka untuk terbawa dalam air. Hal ini meningkatkan permukaan estetis, dan memobilisasi minyak. tetesan minyak yang lebih kecil, tersebar oleh arus, dapat menyebabkan kerusakan kurang dan mungkin menurunkan lebih mudah. Tetapi tetesan minyak tersebar menyusup ke dalam air yang lebih dalam dan mematikan dapat mencemari karang. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa beberapa dispersan beracun untuk karang. [15]
· melihat dan menunggu: beberapa kasus, alami atenuasi minyak mungkin paling tepat, karena invasif alam difasilitasi metode pemulihan, terutama di daerah sensitif seperti ekologis seperti lahan basah.
· Memperkuat: Solidifiers terdiri dari kering hidrofobik polimer yang baik menyerap dan menyerap . Mereka membersihkan tumpahan minyak dengan mengubah keadaan fisik minyak tumpah dari cair ke semi-padat atau bahan karet-seperti yang mengapung di atas air. Solidifiers yang tidak larut dalam air, sehingga penghapusan minyak dipadatkan mudah dan minyak tidak akan leach keluar. Solidifiers telah terbukti menjadi relatif tidak beracun untuk kehidupan air dan liar dan telah terbukti untuk menekan uap berbahaya umumnya terkait dengan hidrokarbon seperti Benzene, Xylene, Metil Etil, Aseton dan Naphtha. Waktu reaksi untuk pembekuan minyak dikendalikan oleh area surfing atau ukuran polimer serta viskositas minyak. Beberapa produk manufaktur solidifier klaim minyak dipadatkan dapat dibuang di tempat pembuangan sampah, daur ulang sebagai aditif dalam produk aspal atau karet, atau dibakar sebagai bahan bakar abu rendah. Sebuah solidifier disebut CIAgent (diproduksi oleh CIAgent Solusi dari Louisville, Kentucky ) sedang digunakan oleh BP dalam bentuk granula serta Kelautan dan Sheen boom pada Dauphin Island , AL dan Fort Morgan, MS untuk membantu dalam tumpahan minyak Horizon Deepwater pembersihan.
· Vacuum dan centrifuge : minyak bisa disedot bersama dengan air, dan kemudian centrifuge yang dapat digunakan untuk memisahkan minyak dari air - memungkinkan kapal tanker untuk diisi dengan minyak murni dekat. Biasanya, air dikembalikan ke laut, membuat proses lebih efisien, tetapi memungkinkan sejumlah kecil minyak untuk kembali juga. Masalah ini telah menghambat penggunaan sentrifugal karena peraturan Amerika Serikat membatasi jumlah minyak dalam air kembali ke laut.
3. Peralatan yang digunakan
Peralatan Yang Digunakan untuk membersihkan Oil Spill meliputi:
· Sorbents: pernyerap besar yang menyerap minyak
· agen biologis dan kimia: membantu memecah minyak
· Vacuums: menghilangkan minyak dari pantai dan air permukaan
4. Pencegahan
· Seafood Sensorik Pelatihan-dalam upaya untuk mendeteksi minyak di laut, pengawas dan regulator sedang dilatih untuk mengendus makanan laut tercemar oleh minyak dan pastikan produk mencapai konsumen adalah aman untuk dimakan. [18]
· Sekunder penahanan - metode untuk mencegah pelepasan minyak atau hidrokarbon ke lingkungan.
· Tumpahan Minyak Pencegahan dan Penanggulangan kendali (SPCC) program oleh Amerika Serikat Environmental Protection Agency .
· Double-penggilingan - membangun hulls ganda ke kapal, yang mengurangi risiko dan tingkat keparahan menumpahkan jika terjadi tabrakan atau landasansingle-hull kapal yang ada juga dapat dibangun kembali untuk memiliki lambung ganda.
3. PEMBAHASAN
Tumpahan minyak Horizon Deepwater berlangsung di Teluk Meksiko. Itu dimulai pada tanggal 20 April 2010 ketika sebuah ledakan menghancurkan Horizon rig pengeboran Deepwater, menyebabkan aliran bertekanan minyak di dekat kepala sumur di Teluk Meksiko di lantai lebih dari 5.000 meter air. Berbagai upaya untuk menghentikan kebocoran di lingkungan yang sulit telah hanya sebagian berhasil. Ada harapan bahwa sumur yang dibor dekat bantuan bisa masuk ke lubang sumur dan pompa cukup konkret untuk menghentikan kebocoran. Sumur bantuan tidak diharapkan untuk memotong yang rusak baik sampai Agustus, 2010. Jumlah minyak yang hilang tidak diketahui karena perkiraan yang akurat tidak dapat dibuat dari pengamatan video dasar laut. Estimasi tinggi dari Laju Alir ditunjuk-pemerintah Kelompok Teknis yang dikeluarkan pada 15 Juni 2010 adalah sekitar 60.000 barel per hari. Perkiraan minyak tumpah sebelum bulan Juni tanggal 23 sekitar 3.780.000 barel didasarkan pada laju sekitar 60.000 barel per hari.
Gambar anjungan lepas pantai yang meledak dan tumpahan minyaknya
Tidak ada faktor tunggal yang menyebabkan tragedi tumpahan minyak Horizon Deepwater di Teluk Meksiko bulan April 2010 lalu. Melainkan, serangkaian kegagalan berturut-turut yang melibatkan berbagai pihak sehingga menyebabkan ledakan dan kebakaran rig pengeboran minyak lepas pantai tersebut. Tragedi ini menewaskan 11 orang dan menyebabkan polusi di perairan Teluk Meksiko . BP (British Petroleum) telah menerbitkan laporan investigasi internalnya yang menyimpulkan bahwa beberapa perusahaan dan tim pelaksana pekerjaan turut menyumbang terjadinya kecelakaan, mencakup "serangkaian kegagalan yang kompleks dan saling terkait satu sama lain, diantaranya kegagalan mekanik, penilaian manusia, rekayasa desain, pelaksanaan operasi dan kerjasama (antarmuka) tim"Mark Bly, BP’s Head of Safety and Operations, memimpin tim investigasi terdiri dari lebih dari 50 ahli teknik dan ahli lainnya yang berasal dari internal BP sendiri dan pihak eksternal, seperti yang disampaikan dalam press release tanggal 8 September 2010, dan telah menemukan penyebab kecelakaan tersebut, sbb:
· The cement and shoe track barriers – and in particular the cement slurry that was used – at the bottom of the Macondo well failed to contain hydrocarbons within the reservoir, as they were designed to do, and allowed gas and liquids to flow up the production casing;
· The results of the negative pressure test were incorrectly accepted by BP and Transocean, although well integrity had not been established;
· Over a 40-minute period, the Transocean rig crew failed to recognise and act on the influx of hydrocarbons into the well until the hydrocarbons were in the riser and rapidly flowing to the surface;
· After the well-flow reached the rig it was routed to a mud-gas separator, causing gas to be vented directly on to the rig rather than being diverted overboard;
· The flow of gas into the engine rooms through the ventilation system created a potential for ignition which the rig’s fire and gas system did not prevent;
· Even after explosion and fire had disabled its crew-operated controls, the rig’s blow-out preventer on the sea-bed should have activated automatically to seal the well. But it failed to operate, probably because critical components were not working.
Dengan kata lain, bahwa terdapat pekerjaan semen yang buruk dan kegagalan "shoe track barriers" untuk mengalirkan hidrokarbon (gas dan cair) dari reservoir ke dalam casing produksi. Hasil uji "negative pressure" diterima tidak sebagaimana mestinya dan ada kegagalan kontrol terhadap prosedur pencegahan ledakan, yang harus diaktifkan secara otomatis untuk menutup sumur. Laporan investigasi ini menyajikan informasi baru yang kritis mengenai penyebab kecelakaan dan analisis rinci tentang fakta-fakta dan rekomendasi untuk perbaikan keselamatan operasi di masa datang baik untuk BP maupun pihak-pihak lain yang terlibat. Menurut BP, laporan ini sangat relevan dan bermanfaat bagi industri minyak pada umumnya dan diharapkan rekomendasi yang diberikan dapat diadopsi untuk operasi pengeboran minyak secara luas.
Para pejabat mengumumkan tumpahan minyak dari Teluk Meksiko mulai mendekati pantai-pantai berpasir putih Florida barat laut. Gelombang minyak, yang berisi ribuan gelembung minyak mentah hitam, kini berada sekitar 15 kilometer dari Pensacola, Florida. Sejumlah pihak memperkirakan tumpahan minyak itu akan mencapai pantai Florida pada hari Jumat (4/6/2010) besok. Sementara itu, upaya BP menutup sumber kebocoran memperlihatkan hasil positif setelah gergaji yang terjepit di satu pipa tebal dasar laut selama berjam-jam berhasil diatasi. Perusahaan ini berupaya menghentikan tumpahan minyak dari sumur bawah laut dengan memotong pipa yang rusak dan menutupnya. Komandan Penjaga Pantai, Thad Allen, mengatakan, para petugas sekarang menyemprot bahan kimia untuk mengurai minyak yang keluar dari potongan pipa baru itu. Sedangkan para pekerja bantuan menempatkan lebih banyak pelampung di sepanjang garis pantai untuk melindungi pantai dan satwa liar. Gubernur negara bagian Florida, Charlie Crist, mengatakan, gelombang minyak yang terlihat di pantai barat laut wilayahnya itu berisi ribuan gelembung minyak mentah hitam. "Tujuan kami adalah memindahkan minyak itu dari pantai dan mencegah atau meminimalkan dampaknya terhadap negara bagian kami," ujarnya kepada wartawan. Di Louisiana, negara bagian yang paling parah terkena dampak insiden ini, Gubernur Bobby Jindal mengatakan bahwa Gedung Putih telah menyetujui pembangunan lima pagar karung pasir di sepanjang garis pantai dan memerintahkan BP membiayai proyek ini. Jindal mengkritik keras pemerintah Obama dan BP karena dianggap lambat bertindak atas krisis ini.
Gelombang minyak juga telah mencapai Pulau Dauphin di Alamaba dan sebagian garis pantai Mississippi.
Gelombang minyak juga telah mencapai Pulau Dauphin di Alamaba dan sebagian garis pantai Mississippi.
BP memperkirakan sejauh ini pihaknya telah mengeluarkan dana US$ 990 untuk membiayai operasi pembersihan, tetapi perusahaan itu menolak untuk mengganti rugi dampak tumpahan minyak itu di masa mendatang. Sejak bencana terjadi harga saham perusahaan Inggris ini turun lebih dari sepertiga. Berita bahwa Departemen Kehakiman AS telah melakukan sejumlah penyelidikan kriminal dan perdata atas bencana tumpahan minyak di Teluk Meksiko ini membuat harga saham BP semakin merosot pada hari Rabu pagi. Sementara itu, dalam pidato di Pennsylvania hari Rabu, Presiden Obama mengatakan, kebocoran itu disebabkan oleh kesalahan manusia atau perusahaan yang mengambil jalan pintas berbahaya sehingga aspek keselamatan tidak diindahkan.
Terlepas dari itu semua Tumpahan minyak di teluk Mexico telah membuat sejumlah satwa liar ke dalam jurang bahaya kematian. Bahkan perusahaan pengebornya, British Petroleum, mengatakan bahwa minyak yang bocor baru bisa berhenti hingga Agustus nanti. Tumpahan minyak yang meluas di Teluk Meksiko sedang mendekati pantai negara bagian Florida. Sementara itu, hingga kini, perusahaan minyak raksasa BP masih bergelut membendung tumpahan itu. Berusaha mengakhiri tumpahan minyak terburuk dalam sejarah AS dengan perbaikan sumur minyak pertamanya pada awal Mei dan dapat mencapai titik bocornya pada bulan Agustus, demikian laporan Miami Herald, Ahad 6 Juni. Sedangkan perbaikan ke dua dilakukan pertengahan Mei. Gambar-gambar satelit yang baru dari University of Miami pada hari Rabu, menunjukkan tumpahan minyak Teluk Meksiko, sekarang berukuran hampir sebesar negara bagian Maryland, yang luasnya sudah lebih dari 24.000 kilometer persegi. Perkiraan terbaru menunjukkan minyak kini semakin mendekati pantai Florida, dengan posisi tumpahan hanya 11 kilometer saja dari garis pantai. Menurut data pemerintah, total 72 juta galon minyak mentah tumpah di perairan Teluk Meksiko pada saat ini. Ilmuwan memperkirakan bahwa angka tersebut mungkin akan mencapai 265 juta galon. Tujuh minggu setelah ledakan 20 April di area Deepwater Horizon, yang menewaskan 11 pekerja, BP bertanggung jawab atas kejadian tersebut mengatakan pihaknya menyedot 6.000 barel minyak per hari. Jumlah tersebut seperempat dari seluruh muntahkan minyak setiap hari.
4. DAFTAR PUSTAKA